RevenueHits

Selamat datang di Blog anak-anak tangga, jika teman-teman butuh dukungan doa bisa hub di 081293642923

Tafsir Alkitab. Ringkasan Cerita Kejadian 24:1-67, Kisah tentang Ishak meminang Ribka

KISAH PERCINTAAN ISHAK



      Ayat 1-9
Abraham memerintahkan hambanya untuk mencari seorang wanita untuk menjadi istri Ishak ananknya. Namun sebelum pergi hamba itu harus mengambil sumpah untuk tidak mengambil seorang wanita Kanaan melainkan haruslah seorang wanita dari negri asal Abraham.
   
          Ayat 10-21
Setelah megambil sumpah maka pergilah hamba itu dengan membawa sepuluh ekor unta menuju Aram, Mesopotamia ke Kota Nahor. Sampai ia berhenti beserta dengan unta-untanya maka hamba itu berdoa meminta petunjuk kepada Tuhan, dengan adanya mata air dan perempuan-perempuan di situ. Petunjuk yang diminta hamba itu adalah kiranya agar ada salah satu dari antara perempuan-perempuan yang ada di situ yang akan memberikan ia minum dan beserta dengan unta-untanya. Petunjuk itu langsung terjadi, ketika seorang Wanita yang bernama Ribka dating ke tempat mata air untuk mengambil air di situ. Ribka memberikan hamba itu minum dan juga beserta unta-untanya.


      Ayat 22-27
Setelah Ribka selesai memberi hamba itu minum serta unta-untanya, maka hamba itu memberikan anting-anting emas setengah syikal dan sepasang gelang emas sepuluh syikal. Setelah itu ia menanyakan anak siapakah Ribka, dan menanyakan apakah ada tempat menginap dirumahnya? Ribka dengan menjawab bahwa di rumahnya ada tempat menginap baginya dan juga beserta unta-untanya dan bahkan ada makanan bagi unta-untanya. Lalu bersujudlah hamba itu mengucap syukur kepada Tuhan.

       Ayat 28-33
Kemudian larilah Ribka  kerumah untuk memberitahukan hal itu kepada ibunya dan juga kepada Laban saudaranya laki-laki. Melihat anting dan gelang  yang dipakai oleh Ribka, maka Laban mendapati hamba itu di dekat tempat mata air itu, serta berkata marilah masuk sebab telah disediakan tempat bagimu dan juga bagi unta-unta mu. Sesampainya di rumah dierilah unta-untanya makan dan hamba itu masuk ke dalam rumah dan dihidangkan makanan di depannya. Namun hamba itu berkata aku tidak akan makan sebelum kuceritakan pesan yang kubawa ini.

      Ayat 34-49
Kemudian hamba itu menceritakan tentang keadaan keluarga Abraham dan hamba itu menceritakan kembali perjalanannya mulai dari ia mengambil sumpah pada Abraham untuk mencarikan istri bagi Ishak anaknya sampai kepada  perjumpaannya dengan Ribka, semua diceritakannya secara rinci. Setelah diceritakannya semua itu, maka hamba itu bertanya apakah mereka mau menunjukan kasih dan setia kepada tuannya, agar ia tahu harus berbuat apa.

        Ayat 50-54a
Setelah mendengar cerita hamba itu, Laban dan Betuel menjawab bahwa mereka mengijinkan hamba itu membwa Ribka untuk menjadi istri anak tuannya. Ketika mendengar perkataan itu bersujudlah hamba itu  sampai ke tanah menyembah Tuhan.  Kemudian hamba itu mengeluarkan perhiasan emas dan perak serta pakaian kebesaran dan memberikannya kepada Ribka: juga kepada saudara dan  ibunya pemberian yang indah-indah. Sesudah itu barulah mereka makan bersama-sama.

       Ayat 54b-61
Keesokan harinya berkatalah saudara dan ibunya Ribka kepada Hamba itu, biarlah kiranya Ribka tinggal barang sepuluh hari lagi bersama-sama dengan kami. Namun hamba itu berkata janganlah tahan aku, supaya aku dapat pulang kepada tuanku. Namun Saudara dan ibunya meminta, supaya kita menayakan langsung hal itu kepada Ribka dan ternyata akhirnya Ribkapun sendiripun mau dibawa oleh hamba itu. Lalu merekapun berkemas-kemas dan berangkat pergi ketempat tuan hamba itu berada.

Ayat 62-67 
Adapun ishak telah datang dari arah sumur lahai-Roi; ia tinggal di tanah Negeb. Pada waktu senja ishak sedang keluar dan ia melihat ada unta-unta datang. Ribka juga melayangkan pandangannya kepada Ishak dan ia bertanya kepada hamba itu siapakah laki-laki itu yang berjalan kea rah kita. Hamba itu menjawab dialah tuanku itu, setelah mendengar perkataan itu dipakai Ribkalah telekungnya. Kemudian hamba itu menceritakan segala yang ia telah lakukan, setelah itu dibawa Ishaklah Ribka ke kemah Sara ibunya dan mengambilnya sebagai istrinya. Ishak mencintai Ribka dan ia dihiburkan setelah kematian ibunya.


       Kesimpulan
Kejadian 24 menceritakan perjalanan seorang hamba dari Abraham untuk mengambil  istri bagi Ishak. Hamba tersebut harus mengambil sumpah dengan meletakkan tangannya di bawah pangkal paha Abraham untuk mengambil istri bagi Ishak, yaitu seorang wanita dari negri asal Abraham. Perjalanan Hamba ini dipimpin oleh Tuhan, hal ini terlihat ketika ia bertemu dengan Ribka karena doanya meminta petunjuk kepada Tuhan. Hamba ini berhasil membawa Ribka ke Kanaan untuk dijadikan istri bagi Ishak.






Share this

Artikel Terkait Baca Di Sini

Previous
Next Post »

Reveneuhits 2