RevenueHits

Selamat datang di Blog anak-anak tangga, jika teman-teman butuh dukungan doa bisa hub di 081293642923

Belajar dan mengajar dalam PL


ISTILAH BELAJAR DALAM KITAB PL   

Belajar memberikan pertumbuhan

Hy Guys, :) semua teman-teman pasti pernah belajarkan, jangan ada yang jawab gak, karena itu bohong, hehe. mengapa kita perlu belajar? pasti teman-teman memiliki jawabannya sendiri. Belajar itu sangat penting karena dengan belajar kita dapat mencapai sebuah perubahan ke arah yang lebih baik, dari yang dulunya tidak tahu menjadi tahu, dari dulunya yang gk bisa apa-apa jadi bisa. belajar itu sebenarnya bukan hanya berlangsung dio dalam sekolah namun, disegala tempat. Seperti gambar yang di atas menjelaskan bahwa dengan belajar dapat memberikan suatu perubahan kepada diri kita, Seperti ketika kita pertama kali mencoba menaiki sepeda awalnya harus jatuh-jatuh dulu sampai akhirnya bisa dan bahkan menjadi mahir, itu juga dikatakan belajar. Jadi secara gampang, untuk dapat mencapai apa saja yang kita inginkan, kita perlu sebuah proses yang sering kita sebut dengan Belajar. Ternyata teman-teman di dalam Alkiab sendiri memberikan bukti bahwa belajar itu adalah sesuatu hal yang penting. Kali ini saya akan membagikan sebuah pengetahuan mengenai istilah-istilah belajar di dalam Kitab PL (Perjanjian Lama), usahain teman-teman baca ya meskipun sedikit menjenuhkan, namun yakin deh pasti dapat pengetahuan, dan dapat mendorong kita untuk lebih semangat lagi belajar. Selamat membaca, God Bless U Brother and sister
 
 

Lamath

Lamath merupakan istilah yang umum bagi kegiatan belajar mengajar, secara harafiah lamath memiliki arti memukul dengan tongkat, memberikan dorongan untuk peniruan atau perbuatan. Dengan istilah in, belajar dapat diartikan "menjadi terbiasa dengan pengalaman baru". Fokus utama dalam mengajar ini adalah mendisiplin, mendorong, membimbing, dan melatiuh orang untuk Takut akan Tuhan, karena pada masa itu memahami hukum taurat Tuhan adalah pusat pembelajaran.

bnd Ul 4:5

Be-en 

Be-en artinya mengerti, memahami, menanggapi. Kata mengajar ini berusaha untuk memapukan orang agar dapat membedakan mana yang baik dan mana yang jahat, menilai sesuatu dengan pengetahuannya (Dan 2:21) melalui pengetahun dari Allah. Cara untuk mendapatkan pengetahun seperti ini harus  melalui berdoa (Maz 119:34), sebab Allah sendiri yang akan menyingkapkan pengetahun itu kepada manusia (Yes 29:14), dan perlu kita pahami bahwa kita sebagai manusiapun harus tetap tekun dan rajin dalam belajar (Maz 19:12)

Alaph

Alaph memiliki arti mengenal secara dekat (Maz 33:33; 35:11), "menjadi biasa" dengan tingkah laku tertentu (Ams 22:25) dalam melakukan sesuatu

Yada

Yada memilikin arti mengetahui. proses mengetahui terjadi karena indera mengamati, kegiatan belajar membuat kita memiliki pengeathuan dengan Allah dan manusia, Yada juga memiliki arti memberi pengertiuan sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang jahat (Kej 3:5). Pada akhirnya tugas mengajar adalah sebuah usaha membimbing orang untuk memiliki pengetahuan yang subjektif dan bersifat pribadui terhadap Tuhan.

Yara

Yara memiliki arti menampakkan, melempoarkan, membidik, dari istilah ini mengajar adalah sebuah perbuatan pemberian arah, sehingga dapat mengarahkan orang ke jalan yang baru dan benar (Kej 46:28)

Zahar

Zahar memiliki arti menyinari, menerangi, jadi mengajar adalah upaya untuk menerangi kehidupan orang dengan ajaran Tuhan (Kel 18:20). Sebab kebodohan identik dnegan kegelapan, sedangkan pengetahuan adalah sebuah terang yang bercahaya. maka dari itu orang yang belajar akan tampil sebagai seorang yang bijaksana, bercahaya, serta mampu menuntun orang kepada jalan kebenaran (Dan 12:3)

Hakam

Hakam memilliki arti menjadi bijaksana, berhikmat, berakal budi, maka dari itu tugas mengajar adalah membimbing orang kedalam kehidupan yang berhikmat dengan mampu menggunakan fakta-fakta yang ada dan kemudian menerapkan pelajaran tersebut dalam kehidupan praktis (Ams 6:6; 8:33)

Sakal

Sakal memiliki arti seseorang yang memiliki pandangan baru, mengajar adalah sebuah usaha untuk membimbing ata membawa seseorang yang lain agar dapat m,emunculkan cara hidup yang baik, akal budi yang baik. maka dari itu belajar harus dengan penuh pengertian, dan memberikan tanggapan-tanggapan penuh sehingga dapat memunculkan penguasaan diri/berakal budi (Ams 16:20;1:14; Dan 1:17)

Ra-ah

Ra-ah memiliki arti melihat dengan rinci, kegiatan mengajar membawa seseorang untuk dapat melihat situasi secara rinci, teliti sehingga dapat memahaminya secara seksama (Kej 22:8; Kel 33:13;Bil 22:41)






Ada banyak juga ya istilah-istilah belajar dalam kitab PL, dan ternyata dalam kitab PL istilah-istilah belajar lebih menekankan antar hubungan manusia dengan Tuhan yaitu tentang bagaiamana manusia dapat hidup dengan sikap yang lebih baik lagi, SO!!! mulai sekarang belajar bukan hanya untuk mengisi pengetahuan namun kita juga harus mengalami perubahan sikap :).


Untuk istilah-istilah belajar dalam kitab PB, lagi Otw ni, dan akan segera menyusul

Share this

Artikel Terkait Baca Di Sini

Previous
Next Post »

Reveneuhits 2