RevenueHits

Selamat datang di Blog anak-anak tangga, jika teman-teman butuh dukungan doa bisa hub di 081293642923

Selalulah bertanya kepada Tuhan-Daud Memukul Kalah Orang Filistin

Daud Memukul Kalah Orang Filistin

II Samuel 5:17-25

Bertanyalah Daud kepada Tuhan: apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu? Akan Kau serahkankah mereka ke dalam tanganku? (ay 19a)






Daud menjadi Raja atas Israel

Daud resmi menjadi raja atas Israel (II Samuel 4:1-3) menggantikan Saul karena mati, dan memang Tuhan juga telah mengurapi Daud menjadi raja jauh sebelum Saul mati (I Samuel 16:1-13). Ketika Daud telah menjadi Raja atas Israel, maka orang Filistin berusaha untuk menyerang kerajaan Israel, dengan tujuan untuk menangkap Daud ( 5:17).

Daud mengalahkan orang Filistin

Ketika orang Filistin itu telah tiba di Refaim, maka Daud bertanya kepada Tuhan apakah ia harus maju melawan orang Filistin, dan apakah Tuhan akan menyerahkan mereka kepada Daud? (5:19a), peperangan ini sebenarnya bukanlah peperangan yang pertama yang dihdapai oleh Daud, jauh sebelumnya Daud juga telah sering melakukan perang. Namun perang ini akan menjadi perang pertamanya semenjak ia menjadi raja atas Israel. Meskipun ini menjadi peperangan pertamanya semenjak ia menjadi raja atas Israel, namun sebenarnya Daud sudah memiliki banyak pengalaman dalam halperang, tetapi Daud tetap rendah hati dan mau bertanya dan mengandalkan Tuhan. Ketika Daud bertanya kepada Tuhan, Tuhan pun menjawab bahwa Ia akan menyertai Daud dan akan memberikan orang Filistin itu kepadanya (5:19b).

Lalu majulah Daud ke Baal-Perasim, dan Daud berhasil mengalahkan mereka di sana, dan Daud berkata Tuhan telah menerobos musuhku di depanku seperti air seperti air menerobos. Ketika Daud menang melawan orang Filistin itu (15:20), Daud memuji Tuhan dan menyatakan bahwa kemenangannya ini adalah hasil karya Tuhan dan pertolongan Tuhan, bukan karena kehebatannya. Begitulah kemenangan Daud atas pimpinan dan pertolongan Tuhan


Strategi di Pohon Kertau

Ketika orang Filistin telah dikalahkan, ternyata mereka tidak mau menyerah dan berusaha untuk kembali menyerang Israel (5:22). Apa yang dilakukan oleh Daud, setelah sebelumnya ia berhasil mengalahkan Filistin?. Kembali lagi Daud tidak langsung menyerang mereka, melainkan ia bertanya kepada Tuhan apa yang harus ia lakukan? (5:23a), dan Tuhan pun menjawab jangan maju namun buatlah lingkaran sampai di belakang mereka sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau bertindak cepat.



DAUD MENGALAHKAN ORANG FILISTIN KEDUA KALINYA

Seharusnya Daud dapat saja langsung melawan orang Filistin, karena sudah pernah menang melawan orang Filistin sebelumnya, dan Tuhan menyertai dia pada waktu itu hingga menang. Namun yang dilakukan Daud berbeda dia justru tetap bertanya kepada Tuhan,akan apa yang harus ia lakukan. Ketika ia bertanya, Tuhan memberitahukan sebuah strategi kepada Daud          (5:23b-24a) namun bukan hanya itu saja. Pada waktu Daud melaksanakan strategi itu, Tuhan juga ikut ambil alih dan berperang bagi Daud, sebab pada waktu itu Tuhan telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin (5:24b). maka semuanya itu dilakukan oleh Daud, sesuai dengan perintah Tuhan, dan pada akhirnya Daud berhasil mengalahkan tentara Filistin (5:25) . Demikianlah dengan kehidupan kita, agar kita dapat memperoleh kemenangan kita harus terus bertanya dan mengandalkan Tuhan.  Bagaimana dengan kehidupan kita saat ini, ketika menghadapi masalah, apakah kita masih tetap mengandalkan Tuhan dan berharap kepada-Nya?


Bahan Pendalaman

Mengapa Daud tidak langsung melawan orang Filistin, padahal Daud sudah sangat berpengalaman dalam bidang Perang?


Apa yang membuat Daud dapat menang secara berturut-turut?


Bagaiman karakter Daud setelah diangkat menjadi raja atas Israel?








anak-anaktangga.blogspot.com

Share this

Artikel Terkait Baca Di Sini

Previous
Next Post »

Reveneuhits 2