RevenueHits

Selamat datang di Blog anak-anak tangga, jika teman-teman butuh dukungan doa bisa hub di 081293642923

Tafsir Alkitab. Tafsir kejadian 24 Bagian 3

    AYAT 22-27  

     Setelah unta-untanya puas minum maka diambil hamba itulah anting-anting emas yang setengah syikal dan sepasang gelang tangan yang beratnya sepuluh syikal       (ay 22). Dalam alkitab Complete Jewish Bible kata anting-anting itu menggunakan kata nose ring[1] yang berarti anting-anting itu diletakkan bukan di daun telinga namun pada hidung. Karena pada masa itu hidung seorang wanita dihargai sebagai tanda keanggunannya secara fisik “a woman’s was aphysical feature valued for its elegance.[2] Jadi anting-anting hidung itu diberikan sebagai tanda kekayaan dan juga kecantikan “the nose ring is sign of wealth and beauty”. Demikianlah hamba itu menyatakan rasa terima kasihnya kepada Ribka.

Lalu hamba itu bertanya anak siapakah engkau? Adakah tempat menginap bagikua di rumah ayahmu (ay23), lalu Ribka menjawab ayahku Betuel anak Milka yang melahirkannya bagi Nahor dan ia berkata pula baik jerami dan juga makanan unta banyak pada kami, tempat bermalampun ada.(ay 24,25). Lalu bersujudlah hamba itu berlutut dan menyembah Tuhan (ay 25).
Mengapa hamba itu sampai melakukan hal yang demikian, apakah karena ia mendapat tempat penginapan beserta dengan unta-untanya?. Yang membuat hamba itu bersyukur bukanlah karena hal itu, melainkan karena ia telah bertemu dengan orang yang tepat yang sesuai dengan persyaratan sumpahnya, bahwa ia harus pergi kesanak saudara tuanya Abraham. Jika kita lihat dalam ayatnya yang ke 27 di sana dikatakan bahwa hamba itu berkatalah hamba itu “Terpujilah Tuhan, yang telah menuntun aku di jalan ke rumah saudara-saudara tuanku ini”, Tuhan telah menuntun hamba itu sampai kepada keluarga dari Abraham. Seperti yang sudah diberitahu oleh Ribka bahwa ia adalah anak dari Betuel, Betuel adalah keturunan dari Nahor, dan Nahor adalah saudara kandung dari Abraham. Jadi kalau kita kontekstualisasikan kezaman sekarang, maka Abraham adalah Paman dari Betuel, dan Ribka dapat dikatakan sebagai cucu dari Abraham, Karena Ribka berada dua keturunan di bawah Abraham.

Uraian untuk bagian kedua dari ayat 10-21 bisa klik di sini
Uraian Untuk bagian Pertama, dari ayat 1-9 bisa klik di sini



[1] App Complete Jewish Bible
[2] Kenneth A. Mathews, The American Commentary, (America:2005, B dan H Publishing Group). Hal 335

Share this

Artikel Terkait Baca Di Sini

Previous
Next Post »

Reveneuhits 2