RevenueHits

Selamat datang di Blog anak-anak tangga, jika teman-teman butuh dukungan doa bisa hub di 081293642923

Alasan mengapa dibentuknya kurikulum 2013


A.    Permasalahan dan Alasan Pengembangan Kurikulum 2006
1.      Permasalahan
Penyusunan kurikulum 2013 menitikberatkan pada penyederhanaan, tematik-integrative yang mengacu pada kurikulum 2006 yang berdasarkan adanya beberapa permasalahan yaitu sebagai berikut.
a.       Konten yang terlalu padat, materi yang terlalu luas, tingkat kesulitan yang tidak sesuai dengan perkembangan usia anak.
b.      Kurikulum tidak sepenuhnya berbasis pada kompetensi.
c.       Kompensi belum menggambarkan sikap, keterampilan,dan pengetahuan.
d.      Beberapa kompetensi yang dibutuhan sesuai dengan perkembangan kebutuhan. Misalnya, pendidikan karakter,pembelajaran aktif,keseimbangan skill dan kewirausahaan.
e.       Kurikulum belum peka terhadap perubahan social yang terjadi pada tingkah local,nasional maupun global.
f.       Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci.
g.      Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompotensi.
h.      Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci
Adapun faktor-faktor lain yang menjadi alasan pengembangan kurikulum 2013 adalah, pertama, tantangan masa depan yang meliputi arus globalisasi,masalh lingkungan hidup,kemajuan teknologi informasi dll. Kedua, kompetensi masa depan yang meliputi kemampuan berkomunikasi,kemampuan berpikir jernih dan kritis. Ketigan,fenomena social yang mengemukakan seperi perkelahian pelajar,narkoba,korupsi dan gejolak social.   
2.      Pergeseran paragdima belajar abad ke-21
Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan produktif,kreaktif,inovatif,dan afektif melalui penguatan sikap ,keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan  abad ke-12, kini telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013.
Salah satu alasan mengapa  kurikulum harus berubah adalah karena saat ini telah terjadi perubahan paragdima belajar. Yaitu perubahan cara pandang dan cara berpikir mengenai bagaimana pembelajaran itu diselenggarakan. Abad ke-21 telah mengubah paragdima belajar di dunia,yakni dari paragdima teaching  menjadi paragdima learning.
UNESCO telah menjabarkan dalam empat visi pendidikan abad ke-21 yang lebih mendasar pada paragdima learning, yaitu:
a.      Learning to Think
b.      Learning to do
c.       Learning to be your self
d.      Learning to live together
Dari penjelasan diatas juga adanya beberapa faktor penting yang mendukung pemebelajaran di era baru ini, yang juga menjadi sebuah ciri khas dari pendidikan diera baru ini  yaitu adalah:
a.       Informasi
b.      Komputasi
c.       Otomasi,
d.      Komunikasi
Dari keempat faktor ini menyrbabkan terjadinya sebuah pergeseran yang mencakup beberapa hal:
a.       Peserta didik didorng untuk mencari tahu
b.      Peserta didik didorong untuk merumuskan masalah dengan cara bertanya
c.       Peserta didik didorng untuk menganalisa dan mengambil sebuah keputusan
d.      Peserta didik diajarkan bahwa pentingnya kerja sama untuk menyelesaian masalah
Kurikulum 2013 beritegrasi pada tema untuk mengembangkan kurikulum itu sendiri maka dari itu diperlukanya proses pembelajaran yang mendukung dan kreatifitas.
3.      Perubahan yang diharapkan

Pengembangan kurikulum 2013 bertujuan untuk memperlengkapi sesuatu yang kurang di dalam kurikulum 2006 dan juga untuk  mendorng para siswa menjadi lebih baik melalui observasi, bertanya bernalar dan mempresentasikan apa yang dipperoleh atau diketahui oleh siswa ataupun peserta didik.

Share this

Artikel Terkait Baca Di Sini

Previous
Next Post »

Reveneuhits 2