RevenueHits

Selamat datang di Blog anak-anak tangga, jika teman-teman butuh dukungan doa bisa hub di 081293642923

Mengapa Yesus disebut Anak Daud? Padahal Yesus juga dari keturunan Salomo, Yusuf dan yang lainnya.

Yesus anak Daud


Pasti teman-teman pernah dengar kalau Yesus itu anak Daud, dan di dalam Alkitab pun banyak menceritakan adanya sebutan bagi Yesus adalah anak Daud. Teman-teman pernah bertanya-tanya tidak, mengapa Yesus di sebut anak Daud?




Mungkin dengan mudah kita akan menjawab, ia karena Yesus lahir dari keturunan Daud, sesuai dengan Matius 1:1 . Is ok hal itu benar, tapi mengapa tidak disebut bahwa ia anak Salomo, atau anak Yusuf, atau anak Isai mungkin, toh Yesus juga lahir dari keturunan itu.


Dalam Alkitab banyak kisah-kisah yang menceritakan tentang orang memanggil Yesus Anak Daud, seperti dua orang buta yang ingin mendapatkan kesembuhan (Mat 9:27), ketika Yesus di elu-elukan di Yerusalem (Mat 21:9). Dari dua kisah di atas membuktikan bahwa adanya sebutan Anak Daud bagi Yesus.



Kembali lagi mengapa Yesus di sebut anak Daud bukan anak yang lain?. Kalau kita lihat kehidupan Daud, ia adalah Raja ke dua Israel setelah menggantikan Saul, meskipun ia adalah Raja kedua namun ia adalah raja pertama yang langsung dipilih oleh Allah. Pada masa kepemimpinan Daud, disebut sebagai masa emas, sebab pada masa itu kerajaan Israel berada pada masa puncak jaya, dengan berhasil membawa kemenangan besar bagi Israel. Setelah itu Daud di gantikan oleh Salomo anaknya, dan pada akhirnya Israel pecah menjadi dua ketika dipimpin oleh Raja Rehabeam anak Salomo. Hingga pada akhirnya Israel menjadi kacau dan mengalami penurunan secara luar biasa, sampai-sampai mereka mengalami pembuangan.

Maka Orang Yahudi mempercayai bahwa Mesias akan datang dari keturunan Daud, Mesias yang mereka percayai adalah seorang yang mampu mengembalikan keadaan Israel sama seperti keadaan pada zaman Raja Daud. Mereka ingin Israel berada pada keadaan yang baik, dan kembali kepada zaman emas.




Ketika Yesus lahir ke dunia ia menjadi seorang yang sangat berbeda, karena ia memiliki kuasa sebab Dialah Tuhan yang menjadi manusia. Kedatangan Yesus memberi harapan kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus sebagai anak Daud yang akan memulihkan keadaan Israel.




Jadi ini adalah alasan mengapa Yesus disebut "Anak Daud". Tapi perlu kita ketahui dan sadari bahwa kedatangan Yesus lebih dari memulihkan, tetapi juga menyelamatkan. Mengapa orang-orang yang mengelu-elukan Yesus di Yerusalem justru berbalik dan menghina Yesus dan berkata salibkan Dia, Salibkan Dia. Karena mereka tidak mendapatkan seperti yang mereka harapkan yaitu Yesus tidak memulihkan keadaan Israel kembali seperti zaman Daud. Melainkan Yesus justru melakukan hal yang lebih besar.




Jadi sampai sekarang orang-orang Yahudi masih menanti-nantikan kedatangan seorang Mesias dari keturunanraja Daud yang dapat mengembalikan keadaan Israel kembali ke masa Raja Daud

Share this

Artikel Terkait Baca Di Sini

Previous
Next Post »

Reveneuhits 2